Hipmala ku sayang….

Maret 5, 2008

Kepemimpinan : Belum Ada Cagub yang Visioner

Filed under: Politik — hipmala @ 3:02 am
Tags:

POLITIKA

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sampai saat ini, belum ada calon gubernur Lampung yang visioner dan potensial melakukan lompatan besar (quantum leap). Lampung sulit berubah jika calon gubernur tidak memiliki visi dan program besar.

Hal ini dikemukakan aktivis prodemokrasi Andi Arief, kemarin (4-3), saat diminta komentarnya tentang kualifikasi calon gubernur Lampung. Menurut dia, semua calon gubernur hanya memikirkan kepentingan jangka pendek dan bertujuan meraih kekuasaan.

“Sepanjang yang saya ikuti, belum ada tanda-tanda yang meyakinkan dari para calon membuat quantum leap ke arah Lampung yang lebih maju lima tahun ke depan. Masih belum visioner. Contoh kecil adalah lompatan besar Provinsi Sumsel dengan modernisasi perkotaan dan Gorontalo yang memainkan modernisasi perdesaan. Semua cagub Lampung masih menjual pepesan kosong,” ujar aktivis 1998 kelahiran Bandar Lampung ini.

Andi menilai semua calon ingin menjadi gubernur hanya pertimbangan kekuasaan. “Ini masalah besar bagi Lampung,” kata alumni FISIP UGM ini.

Kepentingan jangka pendek ini, ujar Andi, makin mengkhawatirkan karena Pilgub Lampung tidak lepas dari konflik pascapemilihan Gubernur 2002 lalu.

“Ini akan membuat rakyat yang mengurusi pemimpin, ketimbang pemimpin yang mengurusi persoalan rakyat,” kata Andi.

Sesuai jadwal KPU Lampung, pemilihan gubernur akan diselenggarakan 3 September mendatang. Enam bulan menjelang pemilihan, sudah tiga calon yang ditetapkan partai dan koalisi, yakni M. Alzier Dianis Thabranie dari Golkar-PPP, Sjachroedin Z.P. dari PDI-P, dan Oemarsono yang diusung Koalisi Lampung Bersatu.

Dari tiga cagub itu, baru Alzier dan Oemarsono yang telah menetapkan calon wakil gubernur. Alzier berpasangan dengan Mayjen (Purn.) Bambang Sudibyo, Oemarsono didampingi Ketua DPD Demokrat Lampung nonaktif Thomas Azis Riska.

Selain tiga cagub itu, nama lain juga muncul seperti Andy Achmad Sampurna Jaya (Bupati Lamteng), Zulkifli Anwar (Bupati Lamsel), Sofjan Jacoeb (mantan Kapolda Metro Jaya), dan Suharto (mantan Wali Kota Bandar Lampung). n MAT/U-2 source : lampungPost

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: