Hipmala ku sayang….

Maret 6, 2008

Kabupaten Baru:Pemerintah Respons Pemekaran Mesuji,Tuba Barat dan Pringsewu

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 1:22 am
Tags:

 

JAKARTA (Lampost): Meskipun telah mengusulkan jeda pemekaran daerah, Presiden masih menanggapi usulan 15 RUU pembentukan daerah baru yang disampaikan DPR. Dari 11 kabupaten yang diusulkan, tiga di antaranya berada di Lampung, yakni Kabupaten Mesuji, Tulangbawang Barat, dan Pringsewu.

Mesuji dan Tulangbawang Barat merupakan pemekaran Tulangbawang. Pringsewu pecahan Tanggamus.

Tanggapan tersebut disampaikan lewat Amanat Presiden (Ampres) No. 04/Pres/02/2008 tertanggal 1 Februari 2008.

“Ampres tersebut terdiri atas 11 RUU pembentukan kabupaten baru, tiga kota baru, dan satu RUU Pembentukan Provinsi Tapanuli,” kata juru bicara Depdagri Saut Situmorang, kemarin (21-2).

Delapan kabupaten lain yang dapat tanggapan positif pemerintah adalah Nias Utara dan Nias Barat (Sumut), Sabu Raijua (NTT), Morotai (Maluku Utara), Maibrat dan Tambrauw (Papua Barat) serta Intan Jaya dan Deiyai (Papua).

Selain 11 kabupaten baru, tiga kota juga masuk Ampres 04, yakni Gunungsitoli dan Berastagi (Sumut) serta Tangerang Selatan (Banten).

Dengan diterbitkannya ampres tersebut, 15 RUU itu sudah bisa dibahas di DPR.

Menurut Saut, terbitnya Ampres 04 bukan berarti pemerintah tidak konsisten dengan usul moratorium pemekaran. “Terbitnya ampres bukan berarti pemerintah langsung setuju. Ampres tidak identik dengan pengesahan,” katanya.

Ampres hanyalah konfirmasi bahwa pemerintah telah menerima dan bersedia membahas lebih lanjut dengan DPR. “Tentu dalam pembahasan akan diperhatikan apakah syarat-syarat untuk pembentukan daerah baru itu sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Saut mengatakan tidak mungkin pemerintah tidak menanggapi usulan DPR. “Tidak bisa dong (bila usulan DPR tidak ditanggapi). Sebagai sesama lembaga tinggi negara, harus saling menghormati.”

Namun, pemerintah memang sedang mengkaji sejauh mana pembentukan daerah baru selama ini mencapai tujuan. “Sejak 1999 hingga kini sudah ada 179 daerah baru yang dimekarkan. Wajar kalau kita memperhatikan ini sambil mempelajari aspek-aspek lain yang bermanfaat untuk masukan bagi proses kebijakan penataan daerah ke depan.”

Apalagi, lanjut Saut, pemerintah dan DPR sedang membahas paket RUU Pemilu dan revisi UU Pemda yang sangat mendesak diselesaikan. n U-1 Source: Lampung Post

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: