Hipmala ku sayang….

Maret 13, 2008

Lampung akan di bangun Jalan Tol

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 9:16 am
Tags:

Seluruh ruas jalan di Lampung sudah tidak mampu lagi menanggung kapasitas angkut kendaraan. Oleh sebab itu, pembangunan jalan tol merupakan solusi terbaik.

“Kelas jalan tertinggi di Lampung hanya delapan ton. Sementara itu, kapasitas angkut kendaraan mencapai 20 ton, terutama milik perusahaan-perusahaan besar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lampung Barlian Tihang, Rabu (12-3).

Akibatnya, lanjut Barlian, kondisi jalan akan terus rusak karena kelebihan beban (overload). Sementara itu, biaya untuk menambah kemampuan jalan agar sesuai dengan kapasitas angkut kendaraan mencapai Rp2,3 triliun. Itu sebabnya, Pemprov mendorong percepatan pembangunan jalan tol Bakauheni–Babatan–Tegineneng–Terbanggibesar sepanjang 150 km. “Konstruksi jalan tol lebih kuat menahan beban berat dan bisa dilewati berbagai jenis kendaraan,” ujarnya.

Barlian menambahkan rencana pembangunan jalan tol di Lampung makin mengemuka, terlebih setelah ada kesepakatan lanjutan 10 provinsi di Sumatera untuk membangun jalan bebas hambatan dari Lampung sampai Aceh. “Jalan tol itu akan disambungkan dengan jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.”

Sebelumnya, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Lampung Djunaidi Djaya mengatakan pembangunan jalan tol dapat dipercepat jika Departemen PU mau menyerahkan pengelolaannya kepada daerah sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Jika pengelolaan jalan tol diserahkan ke daerah pembangunannya bisa dipercepat,” kata dia di ruang kerjanya, Selasa (11-3).

Dengan kewenangan pengelolaan tersebut, pemda dimungkinkan menjalin kerja sama dengan investor swasta. Menurut Djunaidi, kini sudah ada pihak swasta yang melakukan studi kelayakan (feasibility studies–FS). Tim Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampung juga sudah melakukan FS, Pra-FS, analisis dampak lingkungan dan rancangan dasar (basic design). “Saat tender nanti, FS yang dilakukan swasta itu akan menjadi kredit poin untuk memenangkannya,” kata dia. n AAN/U-2 Source : Lampung Post

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: