Hipmala ku sayang….

Maret 18, 2008

Kontroversi Adam air

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 4:42 am
Tags:

Dugaan Penyimpangan Manajemen Adam Air
Salah satu pihak pemegang saham PT Adam Sky Connection Airlines atau Adam Air, yakni PT Global Transport Service, menyatakan, ada indikasi penyelewengan keuangan oleh manajemen Adam Air. Hal itu merupakan salah satu penyebab dari kesulitan keuangan yang dialami maskapai ini.
”Keuangan Adam Air mulai kritis sejak November 2007, tetapi tiap kali saya mengajak manajemen untuk rapat tidak ditanggapi,” kata mantan Wakil Presiden Direktur Adam Air Gustiono Kustanto, Senin (17/3). Selain sebagai Wapresdir Adam Air, Gustiono juga menjabat sebagai Direktur Keuangan Adam Air dan salah satu Direktur GTS.
Karena upaya pembenahan keuangan tidak ditanggapi, Gustiono pun merekomendasi GTS untuk menarik investasi dari Adam Air pada Jumat (14/3).
Pengacara Hotman Paris Hutapea yang mewakili GTS dan PT Bright Star Perkasa (BSP) pun menyangkal pemberitaan bahwa tidak operasionalnya Adam Air disebabkan penarikan modal.
”Sebab tidak ada sedikit pun uang yang ditarik dari Adam Air. Klien kami bahkan belum pernah mendapat dividen,” kata Hotman. Menurut dia, modal yang disetor GTS dan BSP pada 7 Maret 2007 sebesar Rp 157,5 miliar (untuk 50 persen saham).
”Menurut perhitungan harusnya ada uang Rp 2,1 triliun,” ujar Hotman sambil menambahkan, angka itu didapat dari laporan keuangan Adam Air yang diaudit akuntan per Desember 2006 sebesar Rp 130 miliar ditambah suntikan modal GTS dan BSP sebesar Rp 157,5 miliar, serta ditambah pendapatan tahun 2007 dari tiket dan kargo sekitar Rp 1,8 triliun. Namun, Gustiono menegaskan, hingga tiga hari lalu, Adam Air hanya mempunyai uang sebesar Rp 45 miliar.
Silakan buktikan
Presiden Direktur Adam Air Adam Suherman di Departemen Perhubungan mengatakan, siapa pun dipersilakan membuktikan bila ada dugaan penyimpangan keuangan. ”Selama ini manajemen Adam Air transparan. Buktinya ada wakil GTS yang menjadi direktur keuangan,” kata Adam.
Adam pun menginformasikan, sambil menunggu keputusan dari pemegang saham lainnya, maka Adam Air kemungkinan tidak beroperasi sejak Jumat (21/3) mulai pukul 00.00.
”Bagi penumpang yang sudah membeli tiket, silakan meminta penggantian uang. Bagi travel yang menaruh uang jaminan di Adam Air, silakan mencairkannya pada kantor cabang Adam Air di beberapa kota,” ujar Adam.
Izin belum dicabut
”Sebenarnya izin operasi Adam Air belum dicabut. Bila ada investor baru, mereka dapat terbang kembali,” kata Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal.
Menhub mengatakan, Adam Air kini hanya mempunyai 9 pesawat (8 pesawat beroperasi dan 1 pesawat cadangan) dari sebelumnya 22 pesawat. Bila dulu sehari melayani 52 penerbangan, kini tinggal 12 penerbangan.
Hotman menambahkan, Adam Air mempunyai kewajiban kepada penyedia leasing pesawat 22 juta dollar AS dengan piutang 8 juta dollar AS sehingga kewajiban Adam Air sebesar 14 juta dollar AS (sekitar Rp 128 miliar). Asuransi yang telah jatuh tempo yang harus dibayar Adam Air sebesar 1,9 juta dollar (Rp 17,4 miliar).
Terkait nasib 3.000 karyawan Adam Air, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno meminta manajemen Adam Air tetap transparan menginformasikan kondisi perusahaan. Hal itu penting supaya karyawan tetap bekerja dengan tenang.
Sementara itu, ribuan calon penumpang Adam Air mulai Senin tak bisa dilayani dan terpaksa meminta penggantian uang tiket. Mereka antara lain 1.500 calon penumpang dari Bali, 500 dari Palembang, serta sisanya penumpang tersebar di Batam, Padang, Semarang, Solo, Surabaya, dan sejumlah kota lain.
Distrik Manajer Adam Air Denpasar AA Gde Agung Jaya menjelaskan, ”Ada tujuh penerbangan per hari di dua hari itu. Rata-rata jumlah penumpang per pesawat 130-an atau total mencapai 1.500 orang.”
Dari pantauan Kompas di Palembang, Senin, para calon penumpang pesawat Adam Air mulai mendatangi kantor perwakilan tersebut. Sebagian minta pengalihan jadwal terbang ke maskapai lain dan sebagian lain meminta uang tunai pengembalian tiket.
Sementara itu, General Manager Adam Air Cabang Semarang Pring Saputra menjelaskan, akibat penutupan rute Semarang-Jakarta semua tiket yang telah dipesan hingga April terpaksa dikembalikan. Manajemen Adam Air Semarang, Senin, mengundang semua agen perjalanan dan memberi penjelasan tentang kondisi Adam Air.(BEE/SON/A05/ONI/AYS/ BEN/ART/FER/A13/ryo/ham) Source: Kompas

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: