Hipmala ku sayang….

Maret 18, 2008

Utang PNS Lampung Rp2,3 Triliun

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 4:32 am
Tags:

Nilai utang PNS se-Lampung di perbankan mencapai Rp2,3 triliun. Angka tersebut bisa menjadi acuan calon gubernur yang punya komitmen melunasi utang pegawai.
Nilai tersebut diperoleh berdasar pada estimasi penggunaan kredit konsumsi.
Berdasar pada data Bank Indonesia, nilai kredit yang disalurkan perbankan di Lampung posisi Januari 2008 mencapai Rp13,6 triliun. Menurut Manajer Humas Kantor Bank Indonesia (KBI) Bandar Lampung, Tubagus Zubier Ramadhan, kemarin (18-3), kredit tersebut terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kredit modal kerja Rp6,9 triliun, kredit investasi (Rp2,02 triliun), dan kredit konsumsi (Rp4,6 triliun). “Kami asumsikan kredit PNS ini dari kredit konsumsi Rp4,6 triliun. Dari kredit ini ada jenis kredit lagi seperti perumahan, transportasi, industri, listrik, serta lain-lain. Dari lain-lain ini asumsinya 50% PNS jadi nilainya sekitar Rp2,3 triliun.”
Nilai kredit Rp2,3 T berasal dari kredit yang disalurkan bank umum maupun bank perkreditan rakyat (BPR). Dari data BPR, nilai kredit yang disalurkan mencapai Rp1,4 triliun. Kredit konsumsi Rp1,2 triliun, maka utang PNS di BPR diperkirakan Rp600 miliar.
Saat ditanyakan bank mana yang paling banyak menyalurkan kredit PNS, Zubier menyatakan BI tidak memiliki data tersebut. Namun, informasi yang dihimpun Lampung Post dari berbagai perbankan, Bank Eka yang memiliki nilai kredit tertinggi untuk PNS, yaitu 50% dari total utang pegawai.
Zubier tidak menampik informasi itu. Sebab, Bank Eka memiliki keunggulan teknologi dalam hal memasarkan produk kredit dibanding dengan bank lain.
“Sistem teknologi Bank Eka untuk mendukung produk kredit sudah canggih. Misalnya, ada PNS yang datang ke Bank Eka, hanya menyebutkan nama, dinas tempat bekerja, nomor induk pegawai (NIP), di komputer mereka langsung keluar nilai dana yang bisa dipinjam,” kata Zubier.
Namun, saat dikonfirmasi mengenai jumlah kredit PNS, Kepala Cabang Bank Eka Tanjungkarang, Setyawan, enggan berkomentar. “Saya tidak berkompeten menjelaskan hal ini. Hubungi saja direktur di kantor pusat Metro.”
Namun, Lampung Post pun tidak bisa mendapat jawaban dari Bank Eka kantor pusat. “Buat saja pertanyaan tertulis dan faksimile ke kantor Metro,” sahut petugas Bank Eka Metro yang dihubungi via telepon.
Koperasi Ragom Gawi
Selain di bank, utang PNS juga tercatat di koperasi, Di Bandar Lampung, 3.120 pegawai Pemkot (PNS dan PHL) mengambil kredit ke Koperasi Ragom Gawi. Per Desember 2007, total pinjaman mencapai Rp10 miliar.
Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Ragom Gawi Ishak menyatakan kegiatan koperasi yang dipimpin sejak 2002–2007 atau selama dua periode masih terbatas pinjaman kredit PNS/PHL dan bantuan sosial bagi anggota.
Per 31 Juli 2007, jumlah anggota 4.410 orang. Dari jumlah itu, 3.120 melakukan pinjaman.
Selama ini, pinjaman kredit hanya berkisar Rp1 juta–Rp10 juta. Sejak ia pimpin, Ragom Gawi mampu memberikan kredit sampai plafon Rp40 juta bagi PNS dan Rp2 juta bagi PHL.
“Plafon pinjaman mencapai Rp40 juta itu diberikan karena ada anggota koperasi yang ingin mengembangkan usaha UKM, dengan membuat kerajinan industri kecil seperti tempat tisu, siger, dan kerajinan lain,” ujar Ishak. n NOV/KIM/U-1 Source: Lampung Post
Kredit PNS Lampung
*Jumlah kredit PNS di BRI, Bank Lampung, BPR Langgeng, dan Bank Pasar Bandar Lampung berkisar Rp9 miliar–Rp80 miliar masing-masing.
* Per Desember 2007, kredit yang disalurkan BRI Tanjungkarang Rp30 miliar dengan debitur mencapai 2.500-an. Kredit ini termasuk pinjaman PNS dan swasta. Sekitar 30% pinjaman PNS dan TNI AD.
*Pinjaman PNS Pemkot Bandar Lampung di Bank Pasar Rp80-an miliar.
*Dana yang disalurkan BPR Langgeng 2006–2007 untuk PNS Rp18-an miliar. Untuk plafon 2008 sekitar Rp25 miliar dengan debitur 4.500 orang.
*Kredit di Bank Lampung Rp1,27 triliun.

2 Komentar »

  1. saya ingin mengajak kerjasama untuk pemasaran PLTS ( Pembangkit Listrik Tenaga Surya ) di wilayah anda atau dimana saja, jika berminat hubungi saya melalui e-mail arie_saputra_pugung@yahoo.co.id atau HP 0813 1876 0979.

    Terima kasih,

    Arie saputra

    Komentar oleh Arie saputra — Maret 29, 2008 @ 7:09 am | Balas

  2. terima kasih atas informasinya…

    Komentar oleh hipmala — Maret 29, 2008 @ 7:35 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: