Hipmala ku sayang….

Maret 19, 2008

Lamtim – Kepegawaian:Mulai April, PNS Terima Gaji Baru

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 8:26 am
Tags:

SUKADANA (Lampost): Para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Lamtim patut bergembira. Pasalnya, sejak 1 April 2008 mereka sudah menerima gaji pokok baru dengan kenaikan 20 persen.

Sementara itu, untuk pembayaran rapel kenaikan gaji pokok selama tiga bulan, terhitung sejak Januari hingga Maret 2008, Pemkab siap membayar, dengan catatan administrasi usulan dari bendahara masing-masing unit kerja harus lengkap.

Sekkab Lamtim I Wayan Sutarja, didampingi Kepala Bagian Keuangan Sugiharto, Selasa (18-3), menjelaskan saat menyampaikan Nota Keuangan RAPBN 2008, pada 16 Agustus 2007, Presiden RI berjanji akan menaikkan gaji PNS, kemudian TNI, Polri serta hakim terhitung Januari 2008. Menindaklanjuti hal itu, pemerintah kemudian menerbitkan PP No. 10 Tahun 2008 tentang Perubahan Kesepuluh atas PP No. 7 Tahun 1997 tentang Peraturan Gaji PNS. Kemudian PP No. 11 Tahun 2008 tentang Perubahan PP No. 8 Tahun 2000 tentang Peraturan Gaji Hakim Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Agama.

Terbitnya peraturan pemerintah itu, kata Sutarja, kemudian disusul dengan terbitnya surat edaran (SE) dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Departemen Keuangan No. SE.12/PB/2008 tentang Penyesuaian Gaji Pokok PNS, Hakim, Anggota TNI, dan Polri.

Dengan kenaikan gaji pokok sebesar 20% tersebut dalam SE itu disebutkan, gaji pokok terendah yang diterima PNS adalah Rp910 ribu dan tertinggi Rp2.910.000. Sementara itu, gaji terendah TNI dan Polri adalah Rp952.200 dan tertinggi Rp3.015.300.

Dalam SE itu juga disebutkan pembayaran gaji untuk April 2008 harus sudah menggunakan besaran gaji pokok baru. Sedangkan untuk kekurangan pembayaran gaji Januari–Maret 2008, diupayakan agar dapat dibayarkan pada April 2008.

Berdasarkan pada ketentuan itulah, kata Sutarja, terhitung 1 April 2008 para PNS di lingkungan Pemkab Lamtim yang jumlah totalnya mencapai 10 ribu lebih sudah dapat menerima gaji baru dengan kenaikan 20% dari gaji pokok semula.

“Terhitung 1 April 2008 para PNS sudah bisa menerima gaji baru dengan kenaikan sebesar 20% dari gaji pokok semula,” kata dia.

Kemudian, karena kenaikan gaji PNS sebesar 20% dari gaji pokok itu terhitung dari Januari 2008, sementara realisasi pembayaran kenakian gaji pokok itu baru dilakukan pada 1 April 2008, berarti terdapat kekurangan pembayaran kenaikan gaji dimaksud selama tiga bulan (Januari–Maret 2008).

Untuk kekurangan pembayaran selama tiga bulan itu, kata Sutarja, Pemkab Lamtim siap untuk membayarkannya. Namun, dengan catatan seluruh bendahara dari masing-masing unit atau satuan kerja harus sudah melengkapi seluruh administrasi usulan pembayarannya.

Sebab, jumlah PNS Lamtim yang cukup besar dan usulan dari masing-masing bendahara yang masuk dan sudah lengkap akan diproses terlebih dahulu, maka diperkirakan pembayaran rapel kenaikan gaji yang mencapai total sekitar Rp2 miliar lebih tersebut mulai direalisasikan pada pertengahan April 2008.

Sementara itu, menyikapi realisasi pembayaran kenaikan gaji sebesar 20% terhitung 1 April 2008 itu, salah seorang PNS di lingkungan Pemkab Lamtim, Suparno, yang ditemui hanya mengatakan hal itu biasa-biasa saja. Pasalnya kesenangan dengan adanya kenaikan gaji itu hanya dirasakan sesaat, ketika para PNS menerima gaji baru dimaksud, tapi saat uang gaji itu dibelanjakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari terkadang masih tetap belum mampu menutupi kebutuhan selama satu bulan.

Hal itu terjadi tandas Suparno, karena baru tahap awal diumumkan mengenai rencana kenaikan gaji itu, harga berbagai kebutuhan pokok di pasaran sudah mulai merambat naik. Kenaikan harga berbagai kebutuhan itu biasanya akan terus merambat hingga para PNS menerima realisasi pembayaran kenaikan gaji tersebut. “Jadi, walaupun naik gaji rasanya tetap ndak naik kok mas, karena kenaikan gaji sebesar 20% itu ndak sebanding dengan kenaikan harga berbagai kebutuhan bahan pokok di pasaran,” katanya. n JON/D-

2 Komentar »

  1. Pak bupati, mohon diperhatikan pelajar dan mahasiswa dari kabupaten lampung timur di Yogyakarta…jangan pegawainya aja yang di perhatikan, calon pegawainya juga perlu diperhatikan,,,ko’ malah konser kemana-mana…..tanya kenapa?

    Komentar oleh hipmala — Maret 19, 2008 @ 8:30 am | Balas

  2. Salut buat mahasiswa-mahasiswa Lampung yang terhimpun dalam Hipmala. Kompak. Mudah-mudahan berlanjut terus, tapi jangan jadi kolusi dan konspirasi ya hehehe….

    btw bagi yang berminat aku baru memposting artikel “12 Juta Anak Indonesia Putus Sekolah” di :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/

    Salam kenal buat semuanya, kawan-kawan sesama orang Sumatera.

    Merdeka!

    Komentar oleh Robert Manurung — Maret 23, 2008 @ 11:05 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: