Hipmala ku sayang….

Maret 24, 2008

Menguat, Dukungan Penetapan Gubernur DIY dalam RUUK; DPRD Setuju Sidang Rakyat

Filed under: Tak Berkategori — hipmala @ 8:32 am
Tags:

YOGYA (KR) – Akhirnya, suara Parpol makin jelas, ketika desakan penetapan Gubernur DIY makin tampak. Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) DIY secara resmi mendukung penetapan kembali Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam IX sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY. Namun untuk melakukan penetapan tersebut, PDIP mendesak ditetapkannya Undang-Undang Keistimewaan (UUK) DIY yang isinya pengangkatan Sultan dan Paku Alam yang bertahta sebagai gubernur dan wakil gubernur.
Pernyataan sikap PDIP DIY ini disampaikan Ketua DPD PDIP DIY, H Djuwarto dalam siaran pers, Minggu (23/3) kemarin. Hadir dalam penyampaian pernyataan tersebut, Sekretaris DPD PDIP DIY, Drs Suryanto HS MM dan Ketua Fraksi PDIP DPRD DIY, Mualiban SPd.
Menurut Djuwarto, keputusan untuk ‘mengusung’ penetapan Sultan menjadi gubernur tersebut dihasilkan melalui rapat koordinasi DPD PDIP DIY dengan DPC PDIP se-DIY yang digelar Kamis (20/3) lalu. Rapat juga memberikan mandat kepada DPD untuk mensosialisasikan melalui media pada Minggu kemarin.
Selain itu, DPD juga diminta menyampaikan keputusan untuk mendukung penetapan Sultan menjadi gubernur kembali ini kepada Ketua DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. “Kita akan sampaikan kepada Bu Mega. Untuk kemudian diperjuangkan anggota PDIP di DPR RI nantinya dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY,” ungkap Djuwarto.
Dikemukakan, alasan untuk mendukung penetapan gubernur ini atas dasar aspirasi rakyat yang berkembang saat ini. Disamping itu, untuk menjaga kondisi masyarakat DIY tetap kondusif, aman dan damai, termasuk keadaan politiknya. Disamping itu, juga untuk segera terwujudnya Undang-Undang Keistimewaan (UUK) DIY yang sesuai dengan aspirasi rakyat.
“Kami minta dalam menetapkan UUK tidak boleh meninggalkan hal asal-usul keberadaan DIY yang secara historis terbukti peranannya dalam perjuangan mencapai kemerdekaan dan mempertahankan NKRI,” ujarnya.
Karena itu, PDIP minta kepada pemerintah pusat agar UUK bisa terwujud sebelum masa jabatan gubernur dan wakil gubernur berakhir. Sehingga tidak terjadi kekosongan pimpinan pemerintahan di DIY.
Ditambahkan, keputusan PDIP ini akan diperjuangkan pula di tingkat DPRD DIY. Dengan mendesak dalam Rapim untuk menggelar Rapat Paripurna menyikapi aspirasi rakyat yang berkembang yang meminta penetapan kembali Sultan jadi gubernur.
Terkait dengan adanya aksi besar-besaran pada Senin (24/3) oleh APDESI, Selasa (25/3) oleh Ismoyo melalui Sidang Rakyat, Djuwarto yang juga Ketua DPRD DIY akan menerimanya. “Kita akan menerima. Selanjutnya akan menjadi pertimbangan bagi keputusan DPRD nantinya dalam Rapur,” ujarnya.
Dengan sikap PDIP ini, maka terdapat 3 partai besar yang anggotanya duduk di DPRD DIY yang mendukung penetapan kembali Sultan
*Bersambung hal 23 kol 1
menjadi gubernur DIY. Partai sebelumnya yang bersikap penetapan adalah Partai Golkar DIY dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DIY. Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN) DIY menegaskan mendukung keistimewaan DIY, tidak menyebutkan soal pemilihan maupun penetapan. Namun mendesak kepada pemerintah pusat dan DPR RI untuk segera memberikan kepastian hukum terhadap pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga belum memberikan sikap terhadap pilihan penetapan atau pemilihan gubernur. Partai ini melakukan program PKS mendengar untuk menentukan sikap partai. (Jon)-a
SIKAP PARTAI BESAR TERHADAP PENGISIAN JABATAN GUBERNUR DIY
—————————————————————————————
PARTAI SIKAP
—————————————————————————————
PDIP Sultan Kembali Ditetapkan
P Golkar Sultan Kembali Ditetapkan
PKB Sultan Kembali Ditetapkan
PAN Dukung Keistimewaan
PKS Belum Bersikap

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: