Hipmala ku sayang….

April 30, 2008

Unjuk Rasa Hari Buruh

Filed under: Nasionalisme — hipmala @ 3:50 pm
Tags:

Reporter : Yusuf Riaman

Unjuk rasa untuk menyongsong hari buruh sedunia yang jatuh 1 Mei di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (30/4), berlangsung di lebih dari 10 titik.

Unjuk rasa antara lain juga diikuti Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Komite Pimpinan Cabang Mataram yang menggelar aksi di perempatan gedung Bank Indonesia (BI) Mataram dan di DPRD NTB.

Sementara itu kelompok lainnya berunjuk rasa dengan berkeliling mengendarai sepeda motor serta mendatangi sejumlah titik. Mereka adalah kelompok Federasi Serikat Nelayan Tani Buruh Indonesia yang beranggotakan Aliansi Masyarakat Pesisir Nusantara (AMAPI Nusantara), Serikat Buruh Jasa Transportasi dan Angkutan (SB-Jatra), Asosiasi Karyawan Adil Sejahterah (Asokadira), Perhimpunan Tani Indonesia (Petani), dan Asosiasi Buruh Umum dan Informal (Asbumi).

Sejumlah titik yang didatangi kelompok tersebut antara lain kantor Dinas Perkebunan NTB, Polres Mataram, Pengadilan Negeri Mataram, Polda NTB, Kejati NTB, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pertanian dan kantor Gubernur NTB.

Para pengunjuk rasa mulai turun ke jalan sekitar pukul 9.00 Wita dan berakhir sekitar pukul 12.00 Wita. Mereka antara lain menuntut pemerintah untuk mencabut Undang-Undang No 13/2003 yang dianggap membuka peluang pasar tenaga kerja fleksibel dan murah, revisi Jamsostek pro buruih, menolak kawasan ekslusif

Indonesia, penuruunan harga bahan pokok, dan menuntut pembayaran upay layak. “Yang terjadi selama ini buruh dieksploitasi dengan upah yang rendah,” kata Irwan Kordinator aksi dari SMI

Source: Media Indonesia

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: